Thursday, November 26, 2015

BUSINESS PLAN

(Hijab dan Busana Muslim)

Disusun  untuk  Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Kewirausahaan







Oleh :

Rifqi Nur Afifah                     143403098





PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKAMAYA
2015


DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL………………………………………………………………………………..i
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………..iii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………………..1
A.    Latar Belakang Bisnis………………………………………………………...…………1
B.     Manfaat Ekonomi.……………………………………………………………………….1
C.     Manfaat Sosial………………………………………………………………...………....1
D.    Visi, Misi, dan Tujuan………………………………………………………...…………2
E.     Potensi Bisnis……………………………………………………………………………3
F.      Daftar Riwayat Hidup…………………………………………………………………...3
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………………..4
A.    Analisis SWOT………………………………………………………………….………4
B.     Gambaran Umum Pasar Sasaran…………………….………………………….………4
C.     Perencanaan Bisnis……………………………………………………………………...7
BAB III PRODUKSI DAN OPRASI………………………………………….………………..9
A.    Produk dan Proses Produksi…………………………………………………….………9
B.     Proses Produksi………………………………………………………...……….………9
BAB IV ORGANISASI DAN MANAJEMEN……………………………………….……….11
A.    Bentuk Kepemilikan…………………………………………………….…….……….11
B.     Biodata………………………………………………………………...…….…………11
C.     Struktur Organisasi………………………………………………………….…………11
BAB V KEUANGAN……………………………………………………………….…………14
A.    Kebutuhan Dana………………………………………………………..….…………..14
B.     Sumber Dana…………………………………………………………….…………….15
C.     Pendapatan Usaha………………………………………………………………...……15
BAB VI PENUTUP…………………...………………………………………………..………17
A.    Simpulan……………………………………………………………………………..…17
B.     Saran…………………………………………………………………………………….17

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Bisnis
            Pada saat ini, dunia fashion menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan tidak ada manitnya. Berbagai macam jenis pakaian muslim dan hijab dengan ragam kreatifitas yang menarik. Permintaan akan hijab dan busana muslimpun semakin hari semakin bertambah karena semakin banyak wanita muslimah yang mengenal tren berhijab. Hijab yang berasal dari bahasa Arab, yang arti harfiahnya penutup, bisa diartikan dengan memakai jilbab atau kerudung dengan tujuan untuk menutup aurat bagi perempuan Muslim.
            Mayoritas penduduk di Indonesia pun memeluk agama Islam. Merupakan salah satu peluang untuk kami dalam membuka bisnis perhijaban di Tasikmalaya  karena dilihat dari target pasar yang mendukung yakni banyaknya jumlah muslim di Tasikmalaya.
            Kini semakin banyak wanita muslim yang tertarik untuk mengenakan hijab dan mengenakan busana yang menutup aurat. Selain itu penduduk di Tasikmalaya yang mayoritas islam adalah salah satu faktor pendukung untuk dijadikan target pasar dalam berbisnis hijab dan busana muslim, membuat usaha hijabpun semakin gencar dari permintaan pasar, semakin luaslah peluang untuk membuka bisnis tersebut. Dari tahun 2012 sampai dengan sekarang makin banyak pemain di layar kaca juga yang mengenakan hijab dalam dunia perfilman atau pesinetronan yang membuat masyarakat yang sering melihat layar kaca menjadi tertarik untuk mengenakan hijab. Selain itu, banyak pula disajikan tips and trick cara memakai hijab yang menarik. Hal tersebut membuat kami melihat peluang besar untuk membuka usaha hijab atau pernak-pernik muslimah.
B. Manfaat Ekonomi
Mengembangkan Budaya Wirausaha demi meningkatkan perekonomian Indonesia,dengan jalan menjadi mahasiswa yang unggul dan berkarakter, yang salah satu indikatornya adalah dengan memiliki jiwa wirausaha dan mampu mengembangkannya menjadi nyata. Selain itu, melihat peluang mengenai trend muslimah yang bergaya stylish, membuat kami sadar akan peluang ini. Dari bisnis yang kami jalankan ini kami dapat membuka lapangan pekerjaan seperti halnya penjahit bagi produk yang kami tawarkan dan kesempatan bagi reseller atau pengecer produk kami.
C. Manfaat Sosial
Kami berharap dengan adanya usaha kami, bisa menjadikan salah satu lapangan pekerjaan. Hal ini jelas akan memberikan kesempatan untuk membuka kesempatan untuk angkatan kerja yang belum memperoleh pekerjaan untuk dapat membantu kami dalam peningkatan penjualan, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Selain itu, dengan dibukanya usaha kami, kami dapat bersosialisasi dengan orang banyak melalui transaksi jual beli dengan pelayanan prima, dan dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan gaya muslimah di Tasikmalaya, Indonesia serta dunia Internasional.
D. Visi, Misi, dan Tujuan
1. Visi
Menjadi perusahaan penghasil hijab unik dan pernak pernik muslimah yang paling populer dimasyarakat luas.

2. Misi 
Ø  Memproduksi hijab dan busana muslim yang unik,,
Ø  Membuat model hijab yang berbeda dari pesaing dengan membuat model yang unik dan warna-warna yang dipadu padankan,
Ø  Selalu memperluas area distribusi pemasaran dan juga memasarkan produk hijab dan pernak-pernik muslim di tempat-tempat yang mudah diperoleh konsumen.

3. Tujuan
Ø  Jangka pendek :
1.Meningkatkan nilai ekonomis kain perca atau bahan,
2.Mengurangi limbah kain,
3.Mendapatkan omset 10 juta,
4.Bisa memesan dari media social.

Ø  Jangka menengah :
1.Mendapatkan keuntungan dari produk ini,
2.Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang  memakainya,
3.Dapat membuka 3 cabang di daerah masing-masing di daerah Bogor, Bandung, Surabaya, Jakarta.

Ø  Jangka panjang :
1.Menjadi perusahaan hijab dan busana muslimah yang terkenal di seluruh wilayah Indonesia,
2.Dapat menjual produk 10.000 pcs per minggu,
3.Dapat membuka cabang di Mall terkemuka..
E.Potensi Bisnis
            Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena pada saat ini permintaan akan hijab dan busana muslimpun semakin hari semakin bertambah karena semakin banyak wanita muslimah yang mengenal tren berhijab terutama di Kota Tasikmalaya.
F.Daftar Riwayat Hidup
            Berikut ini merupakan daftar singkat riwayat hidup pengelolaan:
Nama                           :           Rifqi Nur Afifah
NPM                           :           143403098
Jenis Kelamin              :           Perempuan
Alamat                        :           Jln. Drs Moch Hatta Rt/Rw 02/11, Tasikmalaya
Email                           :           rifqinurafifah09@gmail.com
Perguruan Tinggi         :           Universitas Siliwangi
Fakultas/Jurusan          :           Ekonomi ( Akuntansi)








BAB II
PEMBAHASAN
A.Analisa SWOT
SWOT analisis adalah analisa mengenai kekuatan (strength),kelemahan(weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dari bisnis yang dijalankan. Berikut ini merupakan uraian SWOT analisis pada bisnis hijab dan busana muslim :
Ø  Strength (kekuatan)
-          Kreativitas : Produk hijab dan busana muslim dibuat dengan bentuk yang unik dan terkesan elegant. Konsumen juga dapat mendesaign sesuai karakternya dan kemauannya sendiri.
-          Keunggulan Produk : Produk hijab dan busana muslim ini sangat nyaman di pakai dan harganya relative terjangkau.
Ø  Weaknesses (kelemahan)
-          Harus Lebih Gencar melakukan Promosi : Usaha produksi hijab dan busana muslim sudah sangat banyak di setiap wilayah dan sudah banyak juga yang sudah popular, maka dari itu harus melakukan promosi yang gencar agar masyarakat dapat mengenal hijab dan busana muslim kita.
-          Belum Memiliki Cukup Pengalaman : Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus di atasi.
Ø  Opportunities (peluang)
Ø  Banyaknya Konsumen : Banyaknya masyarakat yang menggunakan hijab dengan berbagai style, dengan adanya produk kami ini akan menjadikan masyarakat lebih modis dalam berpakaian muslim dan berhijab.
Ø  Sistem Pemasaran : Pasar pasar luas Produk bukan bersifat umum, sehingga bisa bertahan dan dijalankan kapan saja
Ø  Threats (ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang di khawatirkan banyak pesaing yang  dapat bekerja sama dengan artis untuk mempromosikan produknya ke masyarakat luas, sedangkan kami belum memiliki pengalaman sejuh itu.

B.Gambaran Umum Pasar Sasaran
1.  Pasar Sasaran
Ø  Segmentasi pasar ( segmenting ) :
Bisnis hijab dan busana muslim ini mencakup untuk segmen pasar dari masyarakat kalangan bawah sampai atas dari umur 15 tahun s/d 45 tahun.
Ø  Target Pasar (targeting ) :
Target pasar sasaran adalah mahasiswi, pekerja kantoran, pekerja entertain dan masyarakat yang ingin dan suka berpenampilan trendy dan modis dengan hijab dan busana muslim.
Ø  Positioning 
Bahan atau kain perca dapat dibuat sebagus mungkin dan menarik agar konsumen tertarik untuk membeli di boutique kami.
Ø  Wilayah Pemasaran
Usaha hijab dan busana mujslim ini akan didirikan di Jln. KH Zaenal Mustofa, Tasikmalaya. Dan akan dipasarkan melalui online seperti ; facebook, twitter, instagram, blog dan bbm. Selain media online hijab dan busana muslim ini juga dijual di toko dengan alamat yang tertera di atas.

2. Permintaan
Ø  Jumlah Permintaan Terhadap Produk 
Jumlah permintaan terhadap produk sangat tergantung dari jumlah produksi produk dan tingkat penawaran produknya sendiri. Karena produk hijab dan busana muslim ini ini belum direalisasikan dan belum ada penawaran produk ke masyarakat. Jadi, jumlah permintaan belum bisa dihitung dengan pasti hanya masih bisa diperkirakan saja.
Ø  Proyeksi Permintaan
Demand Perkiraan Permintaan PermingguPerkiraan Permintaan Perbulan Baik : 250900, Buruk : 150800, Sedang : 220850.
Jumlah siswa-siswi ( wanita )                          : 2300 orang
Jumlah guru dan karyawan ( wanita )             : 75 orang
Total                                                                : 2375  orang
ð  80% dari jumlah orang diperkirakan yang melihat produk hijab dan busana muslim yaitu  
(80% x 2375 = 1900 orang).
ð  70% dari jumlah yang melihat produk hijab dan busana muslim bertanya mengenai produk.
Yaitu (70% x 1900 = 1330 orang)
ð  65% dari jumlah yang melihat produk ini dan bertanyamemiliki niat untuk membeli. Yaitu (55% x 1330 = 732 orang)
ð  Dari 732 orang yang memiliki niat untuk membeli itu bukan berartimereka membeli produk, apabila ada 50% saja dari mereka benar- benar membeli poduk berarti ada (50% x 732 = 366 orang)

3. Penawaran (Competitors)
Ø  Jumlah Produk Sejenis Di Pasar
Bisnis hijab dan busana muslim merupakan bisnis yang sudah ada. Namun,tidak begitu dikembangkan, contohnya model hijab yang monoton ( bentuk segiempat, persegi panjang ).  Keberadaan model hijab yang monoton membuat konsumen enggan melirik hijab tersebut. Dengan model hijab yang dikembangkan akan menarik minat konsumen untuk membeli.
Ø  Kapasitas Produksi Pesaing
Untuk produksi pesaing hijab dan busana muslim ini sudah sangat banyak. Merk produk yang sudah banyak diantaranya : kamidea, moshaict, mexialita, indihijab, safira, zoya, elzata dan lain sebagainya.
Ø  Proyeksi Penawaran Pesaing
Untuk penawaran pesaing. Misalkan diambil contoh kamidea. Kamidea melakukan penawaran dengan memasarkan produknya secara online dan disebar di tempat-tempat yang mudah dikunjungi target pasarnya. Namun, tidak melakukan penawaran dengan mengurangi harga dari produk meskipun sudah banyak pesaing Kamidea yang menetapkan harga jual jauh dibawah harga jual kamidea.

4. Pangsa Pasar
Pangsa pasar untuk hijab dan busana muslim sangat luas. Dari kalangan masyarakat bawah hingga atas bisa menjadi target pasar, dengan pangsa pasar yang luas itu maka peluang bisnis juga terbuka lebar.Target pasar adalah masyarakat yang memakai hijab dan busana muslimah, mahasiswi, pekerja kantoran dan masyarakat yang suka memakai hijab trendy dan busana muslim yang modis .Terutama kalangan mahasiswi, remaja dan Ibu-Ibu rumah tangga.
5.  Rencana dan Strategi Pemasaran
Ø  Strategi Pemasaran Pesaing
Berikut ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran pesaing yang terdiridari bauran pemasaran product,price, promotion,place(4P) :
1.Product  (produk) :
Produk Hijabcandy dikemas oleh plastic yang diberi label atas nama brand nya.
2  Price (harga) :
Hijab dan busana muslim dijual per satuan barang dengan harga xxxx per barang.
3.Promotion (promosi):
-Iklan (advrtising) :
Media cetak : poster dan spanduk .
Media online : twitter, facebook, instagram, blog youtube dan bbm
4. Place (tempat):
 Penempatan penjualan hijab dan busana muslim yaitu di toko yang beralamat di Jln. KH Zaenal Mustofa, Tasikmalaya.

C.Perencanaan Bisnis
Berikut ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran bisnis yangterdiri dari bauran pemasaran product,price,promotion,place(4P) :
1. Product  (produk) :
Hijab dan busana muslim yang dipasarkan akan diberi label brand kita yaitu “hijabrainbow”  dan dengan dibungkus dengan plastic per pcs agar terlihat ekslusif .
2. Price (harga) :
Hijab per pcs akan dijual dari harga 35rb s/d 70rb per pcs. Busana muslim per pcs akan dijual dari harga 100rb per pcs s/d 300rb per pcs ( harga tidak berlaku untuk pemesanan khusus ).
3. Promotion (promosi) :
Ø  Iklan (advertising)
Media cetak : poster, famplet dan brosurInternet : facebook, twitter, blog, ym, bbm, instagram, line, youtube .
Ø  Sales promotion:
Promosi melalui acara / pameran bazaar .Misalnya : pameran disekitar kampus, mall dll.
Ø  Personal selling :
Promosi melalui penjualan langsung konsumen atau teman. 
 4.  Place (tempat):
Untuk tempat utama penjualan didirikan di Jalan Drs Moch Hatta, Tasikmalaya (letaknya di depan Pesantren Annur)
Untuk rencana penempatan penjualan. Akan dibagi ke dalam beberapa point rencana. Diantaranya :
Ø  Membuka kerjasama dengan masyarakat yang ingin menjadi agen reseller.
Ø  Membuka stand di Mall
Ø  Menjual dan mempromosikan melalui internet dalam situs jejaring sosial, blog, dan juga komunitas di BBM.














BAB III
PRODUKSI DAN OPERASI
A.Produk dan Proses Produksi
1. Dimensi produk
Produk dalam bisnis ini adalah hijab dan busana muslim dengan model-model yang unik dan elegant.Dikemas dengan plastik transparan.
2. Nilai atau Manfaat Produk
Ø  Manfaat inti (corebenefit ): adalah manfaat yang diberikan untuk  pemenuhan terhadap kebutuhan utama konsumen. Manfaat inti bisnis ini untuk pemenuhan kebutuhan  mengisi perut atau mengkonsumsi makanan dan mengisi waktu luang.
Ø  Manfaat dasar (basicbenefit ): adalah manfaat dasar yang diberikan untuk memecahkan masalah kebutuhan utama. Manfaat dasar bisnis iniyaitu mengkonsumsi makanan  ringan (nyemil)
Ø  Manfaat yang diharapkan (expected benefit ): adalah manfaat yangdiharapkan lebih dari sekedar pemenuhan kebutuhan dasar. Manfaatyang diharapkan dalam bisnis ini yaitu sebagai  alternatif  baru dari makanan ringan.
bisnis ini yaitu sebagai  alternatif  baru dari makanan ringan.
Ø  Manfaat di atas harapan(augmented benefit ): adalah manfaat yangdapat diberikan lebih dari yang diharapankan oleh konsumen, manfaat di atas harapan dalam produk bisnis ini adalah rasa bumbu balado yang unik dengan rasa pedas yang berbeda-beda sesuai tingkatan atau level.
Ø  Manfaat potensial (potential benefit ): adalah semua manfaat yangmungkin dapat diberikan lebih dari sekedar augmented benefit.Manfaat potensial dalam bisnis ini adalah kepraktisan, bisa dibawakemana saja dan dimakan kapan saja
3. Kegunaan atau fungsi produk
Kegunaan atau fungsi produk adalah Produk konsumsi, yaitu produk yang dibeli dan digunakan oleh konsumen akhir (pemakai akhir) 
B.Proses Produksi
Ø  Proses Pembuatan hijab :
Membuat pola hijab,Potong bahan sesuai pola tersebut, Gosok terlebih dahulu bahan tersebut, Bahan yang sudah di potong dan di gosok di jahit dengan mesin jahit.
Ø  Proses Pembuatan Busana Muslim :
Membuat pola busana muslim, Potong bahan sesuai polaGosok terlebih dahulu bahan tersebut, Bahan yang sudah di potong dan di gosok dijahit dengan mesin jait dan diberi hiasan.
Ø  Proses Produksi
Ø  Proses Pembuatan hijab dan busana muslim:
   Berikut ini tabel rencana produksi untuk bulan pertama:                                                                           
Minggu
Rencana Produksi dalam ( Unit )
1
200 Meter Bahan
100 pcs Busana Muslim
170 Meter Bahan
100 pcs Hijab
2
200 Meter Bahan
100 pcs Busana Muslim
170 Meter Bahan
100 pcs Hijab
3
200 Meter Bahan
100 pcs Busana Muslim
170 Meter Bahan
100 pcs Hijab
4
200 Meter Bahan
100 pcs Busana Muslim
170 Meter Bahan
100 pcs Hijab

·         Jumlah Total 800 meter bahan  = 400 pcs busana muslim
·         Jumlah Total 680 meter bahan  = 400 pcs hijab
 Jadi, 800 pcs hijab dan busana muslim
Busana muslim terdiri dari : atasan, bawahan, outer, dress.

Ø  Rencana Kebutuhan dan Pembelian Bahan
Ø  Kebutuhan Barang
Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan hijab dan busana muslim adalah : Bahan Dasar (bahan/kain)
Ø  Rencana Pembelian Barang
Rencana pembelian barang akan dilakukan setelah semua perencanaan akan proses pembuatan hijab dan busana muslim selesai.
Ø  Rencana Kebutuhan Tenaga Kerja Langsung
Untuk rencana kebutuhan tenaga kerja langsung diperlukan 11 tenaga kerja untuk membantu dalam proses pembuatan hijab dan busana muslim. Untuk selanjutnya apabila permintaan akan produk meningkat, akan ditambah tenaga kerjacasual atau non-permanen untuk membantu.
Ø  Kebutuhan Perlengkapan dan Peralatan
Peralatan yang digunakan dalam pembuatan hijab dan busana muslim adalah adalah:
-Mesin jait
-Jarum
-Gunting
-Meteran
-Penggaris
-Rader
-Skala
-Gosokan
Perlengkapan  yang  dibutuhkan  dalam  bisnis  pembuatan hijab dan busana muslim adalah adalah:
-Meja
-Kursi
-Komputer
-ATK
-Kertas
-Benang
-Kapur merah/biru
Ø  Kebutuhan Tempat
Dalam bisnis pembuatan hijab dan busana muslim, diperlukan tiga tempat untuk  penempatan tiga proses, yaitu :
-Ruangan untuk memotong pola bahan dan menggosok bahan
-Ruangan untuk menjahit
-Ruangan untuk pengemasan barang dan penjualan
Ø  Kebutuhan Sarana
Kebutuhan sarana utama untuk pembuatan hijab dan busana muslim adalah sarana listrik dan air.


BAB IV
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
A. Bentuk Kepemilikan
Bentuk kepemilikan bisnis hijab dan busana muslim adalah perseorangan yang diberi brand atau nama “HijabRainbow”.
B.Biodata
Nama perusahaan        : Hijab Rainbow
 Bidang usaha             : Boutique
Jumlah karyawan        : 11 orang
Alamat perusahaan      : Jln. KH Zaenal Mustofa, Tasikmalaya
Telepon                       : 0852-23-000-111
Email                           : hijabrainbow@gmail.com
C.Stuktur Organisasi
1.Pemilik merangkap keuangan          : 1 Orang
2.Bagian Pemasaran                            : 1 Orang
3.Bagian Pelayanan                             : 2 Orang
4.Bagian Pengiriman                           : 1 Orang
5.Bagian Produksi                               : 6 Orang
Berdasarkan struktur organisasi tersebut dibuatlah bagan sesuai dengan kemampuan mereka. Berikut adalah bagannya:
>>Pimpinan dan Staf Pimpinan Jabatan Jumlah Gaji per orang/bulan
-          Jumlah gaji Manajer : Gaji per bulan Rp 6.000.000
-          Pemasaran Rp 2.500.000
-          Pelayanan Rp 2.500.000 x 2 = Rp 5.000.000
-          Pengiriman Rp 2.000.00
-          Produksi6Rp 3.000.000 x 6 = Rp 18.000.000
-          Keuangan Rp 4.000.000
>>Biaya Administrasi per bulan:
-          Biaya pajak Rp   500.000
-          Sewa ruko Rp 1.250.000
-          Biaya distribusi Rp 500.000
-          Biaya lain-lain Rp 2.000.000
-          Biaya adm per bulanRp 4.250.000

Ø  Kegiatan Pra-Operasional dan Jadwal Kegiatan
Sebelum melakukan kegiatan operasional, harus terlebih dahulu mencariinformasi ketersediaan bahan baku dan bahan penunjang, dan informasi-informasi lain yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis Hijabrainbow  ini.
-Berikut ini daftar Jadwal kegiatan Pra-Operasional yang harus dilakukan
Kegiatan Jadwal Pelaksana ( Dalam Mingguan )
1. Survei Pasar
 2. Menyusun Recana Usaha
 3. Survey Mesin Peralatan
 4. Survey Mesin Penunjang
 5. Survey Tempat Usaha & Perijinan
 6. Uji Coba Produksi
Ø  Rencana Biaya Umum
Biaya umum dalam kegiatan pra-operasional mencakup ke dalam 4 hal, Yaitu:
1.Biaya transportasi
2.Biaya akses informasi
3.Biaya alat dan bahan uji coba produksi
4.Biaya lain-lain



BAB V
KEUANGAN
A.Kebutuhan Dana

1. Modal Investasi
Ø  Tabel  kebutuhan  modal  investasi (Biaya Tetap)
           Peralatan
No
Nama Barang
Jumlah (Buah)
Umur Ekonomis (Bulan)
Harga Satuan (Rp)
Jumlah Harga (Rp)
1
Mesin Jahit
15
1.000.000
3.000.000
45.000.000
2
Jrum
20
1.000
3.000
60.000
3
Gunting
20
5.000
15.000
300.000
4
Meteran
20
5.000
15.000
300.000
5
Penggaris
20
5.000
10.000
200.000
6
Rader
20
10.000
20.000
400.000
7
Kapur merah/biru
15
3.000
7.000
105.000
8
Skala
15
10.000
15.000
225.000
9
Gosokan
10
11.000
25.000
250.000
JUMLAH
46.840.000

Perlengkapan
No
Nama Barang
Jumlah (Buah)
Umur Ekonomis (Bulan)
Harga Satuan (Rp)
Jumlah Harga (Rp)
1
Benang
50
50.000/pack
150.000/pack
7.500.000
2
Kertas
2
20.000/pack
40.000/pack
80.000
JUMLAH
8.300.000






Ø  Tabel Modal Biaya (Biaya Variabel)
Jumlah produksi 500 pcs perbulan ( 200 pcs untuk busana muslim & 300 pcs untuk hijab )
No
Nama Bahan Satuan
Satuan Jumlah yang dibutuhkan
Biaya/pcs (Rp)
Tptal Biaya Pembuatan Busana Muslim
1
Bahan/Kain Meter 20.000
2 Meter
40.000
8.000.0000
2
Kancing
4 Ons
10.000
2.000.000
3
Benang
1Buah
3.000
600.000
4
Resleting
1 Buah
500
100.000
5
Jarum
1 Buah
2.000
400.000
JUMLAH
11.100.000

B.Sumber dana
1.Biaya Total
Biaya Tetap + Biaya Variabel             = Rp. 55.140.000 + Rp. 11.100.000
Biaya Total                                          = Rp. 66.240.000
2.Biaya dan harga per unit
*      Biaya yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi =
Rp. 11.100.000 : 7 = Rp. 1.387.500
*      Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp. 1.387.500
*      Biaya per buah = Total biaya 1 kali produksi : jumlah produk per  bulan
                          = Rp. 1.387.500 : 20 buah
                          = Rp. 69.375
*      Harga jual per buah Rp. 150.000
3.Modal Awal
Total biaya tetap +Biaya variable 1 kali produksi       = Rp. 55.140.000 + Rp. 1. 387.500
Modal Awal                                                                = Rp. 56.527.500

C.Pendapatan Usaha
1. Analisis Titik Impas (Break Even Point)
*      BEP     = Total Biaya satu kali produksi : Produksi per bulan
            = 1.387.500 : 20 buah = Rp. 69.375

*      Harga jual per unit Rp. 150.000

*      BEP Produksi = Total biaya satu kali produksi : Harga per unit
                        = Rp. 1.387.500 : Rp. 150.000

2. Analisis Keuangan
*      Pendapatan :
Busana Muslim yang terjual x Harga jual       = 20buah  x Rp. 150.000
Pendapatan                                                    = Rp. 3.000.000

*      Total biaya satu kali produksi = Rp. 1.387.500

*      Keuntungan :
Pendapatan – Total biaya produsi       = Rp. 3.000.000 – 1.387.500
Keuntungan                                       = Rp. 1.612.500

Jadi, Keuntungan yang di peroleh dengan menjual 20 buah busana muslim dengan harga Rp.150.000. Keuntungan nya Rp.1.612.500













BAB IV
PENUTUP
A.Kesimpulan
            Kini semakin banyak wanita muslim yang tertarik untuk mengenakan hijab dan mengenakan busana yang menutup aurat. Selain itu penduduk di Tasikmalaya yang mayoritas islam adalah salah satu faktor pendukung untuk dijadikan target pasar dalam berbisnis hijab dan busana muslim, membuat usaha hijabpun semakin gencar dari permintaan pasar, semakin luaslah peluang untuk membuka bisnis tersebut. Dari tahun 2012 sampai dengan sekarang makin banyak pemain di layar kaca juga yang mengenakan hijab dalam dunia perfilman atau pesinetronan yang membuat masyarakat yang sering melihat layar kaca menjadi tertarik untuk mengenakan hijab. Selain itu, banyak pula disajikan tips and trick cara memakai hijab yang menarik. Hal tersebut membuat kami melihat peluang besar untuk membuka usaha hijab atau pernak-pernik muslimah.
B.Saran
            Produk kami mengutamakan agar permpuan muslimah di Indonesia khususnya kota tasikmalaya sebainya menggunakan hijab dengan pakaian yang tidak ketat jangan hanya menutup aurat dengan memakai pakaian yang ketat dan ber kerudung kelihatan rambut. Karena dalam islam menutup aurat yang baik dan benar itu pakaian harus longgar dan berkerudung yang panjang. Karena umat muslim perempuan di wajibkan oleh Alloh swt memaikai hijab, kewajiban tersebut sama dengan Alloh swt memerintahkan sholat kepada umatnya.




4 comments:

  1. terimakasih atas informasinya Kak, sangat bermanfaat. tampilan blog-nya juga menarik...
    Aplikasi kasir Android Gratis

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas infonya kakak

    ReplyDelete
  3. mohon maaf kak, di biaya per unit itu kok bisa 11.100.000 : 7? dapat angka 7 darimana ya kak?
    terimakasih

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas ilmunya ya.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete