BUSINESS PLAN
(Hijab dan Busana Muslim)
(Hijab dan Busana Muslim)
Disusun untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata
Kuliah Kewirausahaan
Oleh
:
Rifqi
Nur Afifah 143403098
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKAMAYA
2015
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKAMAYA
2015
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL………………………………………………………………………………..i
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………..iii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………………..1
A. Latar
Belakang Bisnis………………………………………………………...…………1
B. Manfaat
Ekonomi.……………………………………………………………………….1
C. Manfaat
Sosial………………………………………………………………...………....1
D. Visi,
Misi, dan Tujuan………………………………………………………...…………2
E. Potensi
Bisnis……………………………………………………………………………3
F. Daftar
Riwayat Hidup…………………………………………………………………...3
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………………..4
A. Analisis
SWOT………………………………………………………………….………4
B. Gambaran
Umum Pasar Sasaran…………………….………………………….………4
C. Perencanaan
Bisnis……………………………………………………………………...7
BAB III PRODUKSI DAN
OPRASI………………………………………….………………..9
A. Produk
dan Proses Produksi…………………………………………………….………9
B. Proses
Produksi………………………………………………………...……….………9
BAB IV ORGANISASI DAN
MANAJEMEN……………………………………….……….11
A. Bentuk
Kepemilikan…………………………………………………….…….……….11
B. Biodata………………………………………………………………...…….…………11
C. Struktur
Organisasi………………………………………………………….…………11
BAB V
KEUANGAN……………………………………………………………….…………14
A. Kebutuhan
Dana………………………………………………………..….…………..14
B. Sumber
Dana…………………………………………………………….…………….15
C. Pendapatan
Usaha………………………………………………………………...……15
BAB VI PENUTUP…………………...………………………………………………..………17
A. Simpulan……………………………………………………………………………..…17
B. Saran…………………………………………………………………………………….17
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Bisnis
Pada
saat ini, dunia fashion menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan tidak
ada manitnya. Berbagai macam jenis pakaian muslim dan hijab dengan ragam kreatifitas
yang menarik. Permintaan akan hijab dan busana muslimpun semakin hari semakin
bertambah karena semakin banyak wanita muslimah yang mengenal tren berhijab.
Hijab yang berasal dari bahasa Arab, yang arti harfiahnya penutup, bisa
diartikan dengan memakai jilbab atau kerudung dengan tujuan untuk menutup aurat
bagi perempuan Muslim.
Mayoritas
penduduk di Indonesia pun memeluk agama Islam. Merupakan salah satu peluang
untuk kami dalam membuka bisnis perhijaban di Tasikmalaya karena dilihat dari target pasar yang mendukung
yakni banyaknya jumlah muslim di Tasikmalaya.
Kini
semakin banyak wanita muslim yang tertarik untuk mengenakan hijab dan
mengenakan busana yang menutup aurat. Selain itu penduduk di Tasikmalaya yang
mayoritas islam adalah salah satu faktor pendukung untuk dijadikan target pasar
dalam berbisnis hijab dan busana muslim, membuat usaha hijabpun semakin gencar
dari permintaan pasar, semakin luaslah peluang untuk membuka bisnis tersebut.
Dari tahun 2012 sampai dengan sekarang makin banyak pemain di layar kaca juga
yang mengenakan hijab dalam dunia perfilman atau pesinetronan yang membuat
masyarakat yang sering melihat layar kaca menjadi tertarik untuk mengenakan
hijab. Selain itu, banyak pula disajikan tips and trick cara memakai hijab yang
menarik. Hal tersebut membuat kami melihat peluang besar untuk membuka usaha
hijab atau pernak-pernik muslimah.
B.
Manfaat Ekonomi
Mengembangkan
Budaya Wirausaha demi meningkatkan perekonomian Indonesia,dengan jalan menjadi
mahasiswa yang unggul dan berkarakter, yang salah satu indikatornya adalah
dengan memiliki jiwa wirausaha dan mampu mengembangkannya menjadi nyata. Selain
itu, melihat peluang mengenai trend muslimah yang bergaya stylish, membuat kami
sadar akan peluang ini. Dari bisnis yang kami jalankan ini kami dapat membuka
lapangan pekerjaan seperti halnya penjahit bagi produk yang kami tawarkan dan
kesempatan bagi reseller atau pengecer produk kami.
C.
Manfaat Sosial
Kami
berharap dengan adanya usaha kami, bisa menjadikan salah satu lapangan
pekerjaan. Hal ini jelas akan memberikan kesempatan untuk membuka kesempatan
untuk angkatan kerja yang belum memperoleh pekerjaan untuk dapat membantu kami
dalam peningkatan penjualan, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di
Indonesia. Selain itu, dengan dibukanya usaha kami, kami dapat bersosialisasi
dengan orang banyak melalui transaksi jual beli dengan pelayanan prima, dan
dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan gaya muslimah di Tasikmalaya,
Indonesia serta dunia Internasional.
D.
Visi, Misi, dan Tujuan
1.
Visi
Menjadi
perusahaan penghasil hijab unik dan pernak pernik muslimah yang paling populer
dimasyarakat luas.
2.
Misi
Ø Memproduksi
hijab dan busana muslim yang unik,,
Ø Membuat
model hijab yang berbeda dari pesaing dengan membuat model yang unik dan
warna-warna yang dipadu padankan,
Ø Selalu
memperluas area distribusi pemasaran dan juga memasarkan produk hijab dan
pernak-pernik muslim di tempat-tempat yang mudah diperoleh konsumen.
3.
Tujuan
Ø Jangka
pendek :
1.Meningkatkan
nilai ekonomis kain perca atau bahan,
2.Mengurangi
limbah kain,
3.Mendapatkan
omset 10 juta,
4.Bisa
memesan dari media social.
Ø Jangka
menengah :
1.Mendapatkan
keuntungan dari produk ini,
2.Membuat
produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang memakainya,
3.Dapat
membuka 3 cabang di daerah masing-masing di daerah Bogor, Bandung, Surabaya,
Jakarta.
Ø Jangka
panjang :
1.Menjadi
perusahaan hijab dan busana muslimah yang terkenal di seluruh wilayah Indonesia,
2.Dapat
menjual produk 10.000 pcs per minggu,
3.Dapat
membuka cabang di Mall terkemuka..
E.Potensi
Bisnis
Produk
ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena pada saat ini permintaan
akan hijab dan busana muslimpun semakin hari semakin bertambah karena semakin
banyak wanita muslimah yang mengenal tren berhijab terutama di Kota
Tasikmalaya.
F.Daftar
Riwayat Hidup
Berikut
ini merupakan daftar singkat riwayat hidup pengelolaan:
Nama : Rifqi Nur Afifah
NPM : 143403098
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Jln. Drs Moch Hatta Rt/Rw 02/11,
Tasikmalaya
Email : rifqinurafifah09@gmail.com
Perguruan Tinggi : Universitas
Siliwangi
Fakultas/Jurusan : Ekonomi (
Akuntansi)
BAB II
PEMBAHASAN
A.Analisa
SWOT
SWOT
analisis adalah analisa mengenai kekuatan (strength),kelemahan(weakness),
peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dari bisnis yang dijalankan.
Berikut ini merupakan uraian SWOT analisis pada bisnis hijab dan busana
muslim :
Ø Strength
(kekuatan)
-
Kreativitas : Produk
hijab dan busana muslim dibuat dengan bentuk yang unik dan terkesan elegant. Konsumen
juga dapat mendesaign sesuai karakternya dan kemauannya sendiri.
-
Keunggulan Produk :
Produk hijab dan busana muslim ini sangat nyaman di pakai dan harganya relative
terjangkau.
Ø Weaknesses (kelemahan)
-
Harus Lebih Gencar
melakukan Promosi : Usaha produksi hijab dan busana muslim sudah sangat banyak
di setiap wilayah dan sudah banyak juga yang sudah popular, maka dari itu harus
melakukan promosi yang gencar agar masyarakat dapat mengenal hijab dan busana
muslim kita.
-
Belum Memiliki Cukup
Pengalaman : Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan
suatu kelemahan yang harus di atasi.
Ø Opportunities (peluang)
Ø Banyaknya
Konsumen : Banyaknya masyarakat yang menggunakan hijab dengan berbagai style,
dengan adanya produk kami ini akan menjadikan masyarakat lebih modis dalam
berpakaian muslim dan berhijab.
Ø Sistem
Pemasaran : Pasar pasar luas Produk bukan bersifat umum, sehingga bisa bertahan
dan dijalankan kapan saja
Ø Threats (ancaman)
Salah
satu bentuk ancaman yang di khawatirkan banyak pesaing yang dapat bekerja sama dengan artis untuk
mempromosikan produknya ke masyarakat luas, sedangkan kami belum memiliki
pengalaman sejuh itu.
B.Gambaran
Umum Pasar Sasaran
1.
Pasar Sasaran
Ø Segmentasi
pasar ( segmenting ) :
Bisnis
hijab dan busana muslim ini mencakup untuk segmen pasar dari masyarakat
kalangan bawah sampai atas dari umur 15 tahun s/d 45 tahun.
Ø Target
Pasar (targeting ) :
Target
pasar sasaran adalah mahasiswi, pekerja kantoran, pekerja entertain dan
masyarakat yang ingin dan suka berpenampilan trendy dan modis dengan hijab dan
busana muslim.
Ø Positioning
Bahan
atau kain perca dapat dibuat sebagus mungkin dan menarik agar konsumen tertarik
untuk membeli di boutique kami.
Ø Wilayah Pemasaran
Usaha
hijab dan busana mujslim ini akan didirikan di Jln. KH Zaenal Mustofa,
Tasikmalaya. Dan akan dipasarkan melalui online seperti ; facebook, twitter,
instagram, blog dan bbm. Selain media online hijab dan busana muslim ini juga
dijual di toko dengan alamat yang tertera di atas.
2.
Permintaan
Ø Jumlah Permintaan Terhadap Produk
Jumlah
permintaan terhadap produk sangat tergantung dari jumlah produksi produk
dan tingkat penawaran produknya sendiri. Karena produk hijab dan busana
muslim ini ini belum direalisasikan dan belum ada penawaran produk ke
masyarakat. Jadi, jumlah permintaan belum bisa dihitung dengan pasti hanya
masih bisa diperkirakan saja.
Ø Proyeksi Permintaan
Demand Perkiraan Permintaan PermingguPerkiraan
Permintaan Perbulan Baik : 250900, Buruk : 150800, Sedang : 220850.
Jumlah siswa-siswi ( wanita ) : 2300 orang
Jumlah guru dan karyawan
( wanita ) : 75 orang
Total :
2375 orang
ð 80%
dari jumlah orang diperkirakan yang melihat produk hijab dan busana muslim yaitu
(80%
x 2375 = 1900 orang).
ð 70%
dari jumlah yang melihat produk hijab dan busana muslim bertanya mengenai
produk.
Yaitu
(70% x 1900 = 1330 orang)
ð 65%
dari jumlah yang melihat produk ini dan bertanyamemiliki niat untuk membeli.
Yaitu (55% x 1330 = 732 orang)
ð Dari
732 orang yang memiliki niat untuk membeli itu bukan berartimereka membeli
produk, apabila ada 50% saja dari mereka benar- benar membeli poduk
berarti ada (50% x 732 = 366 orang)
3.
Penawaran (Competitors)
Ø Jumlah Produk Sejenis Di Pasar
Bisnis
hijab dan busana muslim merupakan bisnis yang sudah ada. Namun,tidak begitu
dikembangkan, contohnya model hijab yang monoton ( bentuk segiempat, persegi
panjang ). Keberadaan model hijab yang monoton membuat konsumen enggan
melirik hijab tersebut. Dengan model hijab yang dikembangkan akan menarik minat
konsumen untuk membeli.
Ø Kapasitas Produksi Pesaing
Untuk
produksi pesaing hijab dan busana muslim ini sudah sangat banyak. Merk produk
yang sudah banyak diantaranya : kamidea, moshaict, mexialita, indihijab,
safira, zoya, elzata dan lain sebagainya.
Ø Proyeksi Penawaran Pesaing
Untuk
penawaran pesaing. Misalkan diambil contoh kamidea. Kamidea melakukan penawaran
dengan memasarkan produknya secara online dan disebar di tempat-tempat yang
mudah dikunjungi target pasarnya. Namun, tidak melakukan penawaran dengan
mengurangi harga dari produk meskipun sudah banyak pesaing Kamidea yang
menetapkan harga jual jauh dibawah harga jual kamidea.
4.
Pangsa Pasar
Pangsa
pasar untuk hijab dan busana muslim sangat luas. Dari kalangan masyarakat bawah
hingga atas bisa menjadi target pasar, dengan pangsa pasar yang luas itu maka
peluang bisnis juga terbuka lebar.Target pasar adalah masyarakat yang memakai
hijab dan busana muslimah, mahasiswi, pekerja kantoran dan masyarakat yang suka
memakai hijab trendy dan busana muslim yang modis .Terutama kalangan mahasiswi,
remaja dan Ibu-Ibu rumah tangga.
5.
Rencana dan Strategi Pemasaran
Ø Strategi Pemasaran Pesaing
Berikut
ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran pesaing yang terdiridari bauran
pemasaran product,price, promotion,place(4P) :
1.Product (produk)
:
Produk Hijabcandy dikemas oleh plastic
yang diberi label atas nama brand nya.
2 Price (harga)
:
Hijab dan busana muslim dijual per
satuan barang dengan harga xxxx per barang.
3.Promotion (promosi):
-Iklan (advrtising) :
Media
cetak : poster dan spanduk .
Media
online : twitter, facebook, instagram, blog youtube dan bbm
4. Place (tempat):
Penempatan penjualan hijab dan
busana muslim yaitu di toko yang beralamat di Jln. KH Zaenal Mustofa,
Tasikmalaya.
C.Perencanaan
Bisnis
Berikut
ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran bisnis yangterdiri dari bauran
pemasaran product,price,promotion,place(4P) :
1. Product (produk) :
Hijab
dan busana muslim yang dipasarkan akan diberi label brand kita yaitu
“hijabrainbow” dan dengan dibungkus dengan plastic per pcs agar terlihat
ekslusif .
2. Price (harga) :
Hijab
per pcs akan dijual dari harga 35rb s/d 70rb per pcs. Busana muslim per pcs
akan dijual dari harga 100rb per pcs s/d 300rb per pcs ( harga tidak berlaku
untuk pemesanan khusus ).
3. Promotion (promosi) :
Ø Iklan (advertising)
Media cetak : poster, famplet dan
brosurInternet : facebook, twitter, blog, ym, bbm, instagram, line,
youtube .
Ø Sales
promotion:
Promosi melalui acara / pameran bazaar
.Misalnya : pameran disekitar kampus, mall dll.
Ø Personal
selling :
Promosi melalui penjualan langsung
konsumen atau teman.
4. Place (tempat):
Untuk
tempat utama penjualan didirikan di Jalan Drs Moch Hatta, Tasikmalaya (letaknya
di depan Pesantren Annur)
Untuk
rencana penempatan penjualan. Akan dibagi ke dalam beberapa point rencana.
Diantaranya :
Ø Membuka
kerjasama dengan masyarakat yang ingin menjadi agen reseller.
Ø Membuka
stand di Mall
Ø Menjual
dan mempromosikan melalui internet dalam situs jejaring sosial, blog, dan juga
komunitas di BBM.
BAB III
PRODUKSI DAN OPERASI
A.Produk
dan Proses Produksi
1.
Dimensi produk
Produk
dalam bisnis ini adalah hijab dan busana muslim dengan model-model yang unik
dan elegant.Dikemas dengan plastik transparan.
2.
Nilai atau Manfaat Produk
Ø Manfaat
inti (corebenefit ): adalah manfaat yang diberikan
untuk pemenuhan terhadap kebutuhan utama konsumen. Manfaat inti
bisnis ini untuk pemenuhan kebutuhan mengisi perut atau mengkonsumsi
makanan dan mengisi waktu luang.
Ø Manfaat
dasar (basicbenefit ): adalah manfaat dasar yang diberikan untuk
memecahkan masalah kebutuhan utama. Manfaat dasar bisnis iniyaitu mengkonsumsi
makanan ringan (nyemil)
Ø Manfaat
yang diharapkan (expected benefit ): adalah manfaat yangdiharapkan
lebih dari sekedar pemenuhan kebutuhan dasar. Manfaatyang diharapkan dalam
bisnis ini yaitu sebagai alternatif baru dari makanan ringan.
bisnis
ini yaitu sebagai alternatif baru dari makanan ringan.
Ø Manfaat
di atas harapan(augmented benefit ): adalah manfaat yangdapat
diberikan lebih dari yang diharapankan oleh konsumen, manfaat di atas harapan
dalam produk bisnis ini adalah rasa bumbu balado yang unik dengan rasa pedas
yang berbeda-beda sesuai tingkatan atau level.
Ø Manfaat
potensial (potential benefit ): adalah semua manfaat yangmungkin
dapat diberikan lebih dari sekedar augmented benefit.Manfaat potensial dalam
bisnis ini adalah kepraktisan, bisa dibawakemana saja dan dimakan kapan saja
3.
Kegunaan atau fungsi produk
Kegunaan
atau fungsi produk adalah Produk konsumsi, yaitu produk yang dibeli dan
digunakan oleh konsumen akhir (pemakai akhir)
B.Proses Produksi
Ø Proses
Pembuatan hijab :
Membuat
pola hijab,Potong bahan sesuai pola tersebut, Gosok terlebih dahulu bahan
tersebut, Bahan yang sudah di potong dan di gosok di jahit dengan mesin jahit.
Ø Proses
Pembuatan Busana Muslim :
Membuat
pola busana muslim, Potong bahan sesuai polaGosok terlebih dahulu bahan
tersebut, Bahan yang sudah di potong dan di gosok dijahit dengan mesin jait dan
diberi hiasan.
Ø Proses
Produksi
Ø Proses
Pembuatan hijab dan busana muslim:
Berikut ini tabel
rencana produksi untuk bulan pertama:
Minggu
|
Rencana Produksi dalam ( Unit )
|
|
1
|
200 Meter
Bahan
|
100 pcs Busana
Muslim
|
170 Meter
Bahan
|
100 pcs Hijab
|
|
2
|
200 Meter
Bahan
|
100 pcs Busana
Muslim
|
170 Meter
Bahan
|
100 pcs Hijab
|
|
3
|
200 Meter
Bahan
|
100 pcs Busana
Muslim
|
170 Meter
Bahan
|
100 pcs Hijab
|
|
4
|
200
Meter Bahan
|
100 pcs Busana
Muslim
|
170 Meter
Bahan
|
100 pcs Hijab
|
·
Jumlah Total 800 meter
bahan = 400 pcs busana muslim
·
Jumlah Total 680 meter
bahan = 400 pcs hijab
Jadi,
800 pcs hijab dan busana muslim
Busana muslim terdiri dari : atasan,
bawahan, outer, dress.
Ø Rencana Kebutuhan dan Pembelian Bahan
Ø Kebutuhan Barang
Bahan
yang dibutuhkan dalam pembuatan hijab dan busana muslim adalah : Bahan
Dasar (bahan/kain)
Ø Rencana Pembelian Barang
Rencana
pembelian barang akan dilakukan setelah semua perencanaan akan proses pembuatan
hijab dan busana muslim selesai.
Ø Rencana Kebutuhan Tenaga Kerja Langsung
Untuk
rencana kebutuhan tenaga kerja langsung diperlukan 11 tenaga kerja untuk
membantu dalam proses pembuatan hijab dan busana muslim. Untuk selanjutnya
apabila permintaan akan produk meningkat, akan ditambah tenaga
kerjacasual atau non-permanen untuk membantu.
Ø Kebutuhan
Perlengkapan dan Peralatan
Peralatan
yang digunakan dalam pembuatan hijab dan busana muslim adalah adalah:
-Mesin jait
-Jarum
-Gunting
-Meteran
-Penggaris
-Rader
-Skala
-Gosokan
-Jarum
-Gunting
-Meteran
-Penggaris
-Rader
-Skala
-Gosokan
Perlengkapan
yang dibutuhkan dalam bisnis pembuatan hijab dan
busana muslim adalah adalah:
-Meja
-Kursi
-Komputer
-ATK
-Kertas
-Benang
-Kapur merah/biru
-Kursi
-Komputer
-ATK
-Kertas
-Benang
-Kapur merah/biru
Ø Kebutuhan Tempat
Dalam
bisnis pembuatan hijab dan busana muslim, diperlukan tiga tempat
untuk penempatan tiga proses, yaitu :
-Ruangan untuk memotong pola bahan dan
menggosok bahan
-Ruangan untuk menjahit
-Ruangan untuk pengemasan barang dan penjualan
-Ruangan untuk menjahit
-Ruangan untuk pengemasan barang dan penjualan
Ø Kebutuhan Sarana
Kebutuhan
sarana utama untuk pembuatan hijab dan busana muslim adalah sarana listrik dan
air.
BAB IV
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
A.
Bentuk Kepemilikan
Bentuk
kepemilikan bisnis hijab dan busana muslim adalah perseorangan yang diberi
brand atau nama “HijabRainbow”.
B.Biodata
Nama perusahaan : Hijab Rainbow
Bidang
usaha : Boutique
Jumlah karyawan : 11 orang
Alamat perusahaan : Jln. KH Zaenal Mustofa, Tasikmalaya
Telepon :
0852-23-000-111
Email :
hijabrainbow@gmail.com
C.Stuktur
Organisasi
1.Pemilik merangkap keuangan : 1 Orang
2.Bagian Pemasaran : 1 Orang
3.Bagian Pelayanan : 2 Orang
4.Bagian Pengiriman : 1 Orang
5.Bagian Produksi : 6 Orang
Berdasarkan
struktur organisasi tersebut dibuatlah bagan sesuai dengan kemampuan mereka.
Berikut adalah bagannya:
>>Pimpinan dan Staf Pimpinan Jabatan
Jumlah Gaji per orang/bulan
-
Jumlah gaji Manajer : Gaji
per bulan Rp 6.000.000
-
Pemasaran Rp 2.500.000
-
Pelayanan Rp 2.500.000
x 2 = Rp 5.000.000
-
Pengiriman Rp 2.000.00
-
Produksi6Rp 3.000.000 x
6 = Rp 18.000.000
-
Keuangan Rp 4.000.000
>>Biaya Administrasi per bulan:
-
Biaya pajak Rp
500.000
-
Sewa ruko Rp 1.250.000
-
Biaya distribusi
Rp 500.000
-
Biaya lain-lain Rp
2.000.000
-
Biaya adm per bulanRp
4.250.000
Ø Kegiatan Pra-Operasional dan Jadwal Kegiatan
Sebelum
melakukan kegiatan operasional, harus terlebih dahulu mencariinformasi
ketersediaan bahan baku dan bahan penunjang, dan informasi-informasi lain yang
dibutuhkan dalam menjalankan bisnis Hijabrainbow ini.
-Berikut ini daftar Jadwal kegiatan
Pra-Operasional yang harus dilakukan
Kegiatan Jadwal Pelaksana ( Dalam
Mingguan )
1. Survei Pasar
2. Menyusun Recana Usaha
3. Survey Mesin Peralatan
4. Survey Mesin Penunjang
5. Survey Tempat Usaha &
Perijinan
6. Uji Coba Produksi
Ø Rencana Biaya Umum
Biaya
umum dalam kegiatan pra-operasional mencakup ke dalam 4 hal, Yaitu:
1.Biaya
transportasi
2.Biaya
akses informasi
3.Biaya
alat dan bahan uji coba produksi
4.Biaya
lain-lain
BAB V
KEUANGAN
A.Kebutuhan
Dana
1. Modal Investasi
1. Modal Investasi
Ø Tabel
kebutuhan modal investasi (Biaya Tetap)
Peralatan
No
|
Nama Barang
|
Jumlah (Buah)
|
Umur Ekonomis (Bulan)
|
Harga Satuan (Rp)
|
Jumlah Harga (Rp)
|
1
|
Mesin Jahit
|
15
|
1.000.000
|
3.000.000
|
45.000.000
|
2
|
Jrum
|
20
|
1.000
|
3.000
|
60.000
|
3
|
Gunting
|
20
|
5.000
|
15.000
|
300.000
|
4
|
Meteran
|
20
|
5.000
|
15.000
|
300.000
|
5
|
Penggaris
|
20
|
5.000
|
10.000
|
200.000
|
6
|
Rader
|
20
|
10.000
|
20.000
|
400.000
|
7
|
Kapur
merah/biru
|
15
|
3.000
|
7.000
|
105.000
|
8
|
Skala
|
15
|
10.000
|
15.000
|
225.000
|
9
|
Gosokan
|
10
|
11.000
|
25.000
|
250.000
|
JUMLAH
|
46.840.000
|
Perlengkapan
No
|
Nama Barang
|
Jumlah (Buah)
|
Umur Ekonomis (Bulan)
|
Harga Satuan (Rp)
|
Jumlah Harga (Rp)
|
1
|
Benang
|
50
|
50.000/pack
|
150.000/pack
|
7.500.000
|
2
|
Kertas
|
2
|
20.000/pack
|
40.000/pack
|
80.000
|
JUMLAH
|
8.300.000
|
Ø Tabel
Modal Biaya (Biaya Variabel)
Jumlah produksi 500 pcs perbulan ( 200
pcs untuk busana muslim & 300 pcs untuk hijab )
No
|
Nama Bahan Satuan
|
Satuan Jumlah yang dibutuhkan
|
Biaya/pcs (Rp)
|
Tptal Biaya Pembuatan Busana Muslim
|
1
|
Bahan/Kain
Meter 20.000
|
2 Meter
|
40.000
|
8.000.0000
|
2
|
Kancing
|
4 Ons
|
10.000
|
2.000.000
|
3
|
Benang
|
1Buah
|
3.000
|
600.000
|
4
|
Resleting
|
1 Buah
|
500
|
100.000
|
5
|
Jarum
|
1 Buah
|
2.000
|
400.000
|
JUMLAH
|
11.100.000
|
B.Sumber
dana
1.Biaya Total
Biaya Tetap + Biaya Variabel = Rp. 55.140.000 + Rp. 11.100.000
Biaya Total = Rp. 66.240.000
Biaya Total = Rp. 66.240.000
2.Biaya dan harga per unit

Rp. 11.100.000 : 7 = Rp. 1.387.500


= Rp. 1.387.500 : 20 buah
= Rp. 69.375

3.Modal Awal
Total biaya tetap +Biaya variable 1 kali
produksi = Rp. 55.140.000 + Rp. 1.
387.500
Modal Awal = Rp. 56.527.500
Modal Awal = Rp. 56.527.500
C.Pendapatan
Usaha
1. Analisis Titik Impas (Break Even Point)

= 1.387.500 : 20 buah = Rp. 69.375


= Rp. 1.387.500 : Rp. 150.000
2. Analisis Keuangan

Busana Muslim yang
terjual x Harga jual = 20buah x Rp. 150.000
Pendapatan = Rp. 3.000.000
Pendapatan = Rp. 3.000.000


Pendapatan – Total biaya produsi = Rp. 3.000.000 – 1.387.500
Keuntungan = Rp. 1.612.500
Jadi, Keuntungan yang
di peroleh dengan menjual 20 buah busana muslim dengan harga Rp.150.000.
Keuntungan nya Rp.1.612.500
BAB IV
PENUTUP
A.Kesimpulan
Kini
semakin banyak wanita muslim yang tertarik untuk mengenakan hijab dan
mengenakan busana yang menutup aurat. Selain itu penduduk di Tasikmalaya yang
mayoritas islam adalah salah satu faktor pendukung untuk dijadikan target pasar
dalam berbisnis hijab dan busana muslim, membuat usaha hijabpun semakin gencar
dari permintaan pasar, semakin luaslah peluang untuk membuka bisnis tersebut.
Dari tahun 2012 sampai dengan sekarang makin banyak pemain di layar kaca juga
yang mengenakan hijab dalam dunia perfilman atau pesinetronan yang membuat
masyarakat yang sering melihat layar kaca menjadi tertarik untuk mengenakan hijab.
Selain itu, banyak pula disajikan tips and trick cara memakai hijab yang
menarik. Hal tersebut membuat kami melihat peluang besar untuk membuka usaha
hijab atau pernak-pernik muslimah.
B.Saran
Produk
kami mengutamakan agar permpuan muslimah di Indonesia khususnya kota
tasikmalaya sebainya menggunakan hijab dengan pakaian yang tidak ketat jangan
hanya menutup aurat dengan memakai pakaian yang ketat dan ber kerudung
kelihatan rambut. Karena dalam islam menutup aurat yang baik dan benar itu
pakaian harus longgar dan berkerudung yang panjang. Karena umat muslim
perempuan di wajibkan oleh Alloh swt memaikai hijab, kewajiban tersebut sama
dengan Alloh swt memerintahkan sholat kepada umatnya.
terimakasih atas informasinya Kak, sangat bermanfaat. tampilan blog-nya juga menarik...
ReplyDeleteAplikasi kasir Android Gratis
Terimakasih atas infonya kakak
ReplyDeletemohon maaf kak, di biaya per unit itu kok bisa 11.100.000 : 7? dapat angka 7 darimana ya kak?
ReplyDeleteterimakasih
Terimakasih atas ilmunya ya.. sangat bermanfaat
ReplyDelete